PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GIZI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK PRATAMA MARLINA MAJALAYA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggi Agustine Dewi
Bunga Dianawati
Laila Mahmuda

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Gizi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Klinik Pratama Marlina Majalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, angket/kuisioner. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan SimpleĀ  Random Sampling dengan sampel sebanyak 54 pasien Rawat Inap Klinik Pratama Marlina Majalaya. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa besarnya hubungan antara variable X (Kualitas Pelayanan Gizi) dan Variabel Y (Kepuasan Pasien Rawat Inap) sebesar 0,422 artinya hubungan sedang. Adapun besarnya pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 58,9% artinya memiliki hubungan yang kuat sedangkan 41,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Adapun permasalahan yang muncul yaitu : (1) Kurangnya pemahaman petugas mengenai sterilisasi sehingga membuat petugas melakukan proses penyelenggaraan makanan dan Penyimpanan ATK disatu meja yang sama(2) kurangnyaa petugas pelayanan gizi sehingga proses penyelenggaran dan proses distribusi dilakukan oleh 1 orang dan proses asuhan gizi dilakukan oleh seorang ditiens yang tidak datang setiap hari. (3) Petugas pelayanan Gizi masih jarang menggunakan APD secara lengkap ketika melakukan pendistribusian. Adapun saran yang diberikan yaitu : (1) Membeli tempat untuk penyimpanan ATK atau mengganti meja dan memberi batasan untuk penyimpanan ATK agar proses penyelenggaraan makanan tetap steril dan tidak terkontaminasi debu dari ATK tersebut. (2) Melakukan penambahan petugas agar proses tata laksana dan asuhan gizi berjalan efisien atau jika pasien sedang banyak tidak terjadi kelelahan pada petugas. (3) Sebaiknya Pihak Klinik menegaskan implementasi SOP penggunaan APD sebagai panduan untuk menjaga keselamatan petugas dan mencegah terjadinya kontaminasi makanan dari petugas ke bahan makanan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Agustine Dewi, A., Dianawati, B., & Mahmuda, L. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GIZI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK PRATAMA MARLINA MAJALAYA. Jurnal Infokes (Informasi Kesehatan), 4(1), 108 - 116. Retrieved from https://journal.piksi.ac.id/index.php/INFOKES/article/view/1128