Tinjauan Prosedur Penerimaan Asuransi Kesehatan Pasien Rawat Jalan Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Hermina Arcamanik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tempat pendaftaran pasien rawat jalan (TPPRJ) merupakan pintu masuk pertama dalam penerimaan dan pendaftaran pasien karena dimana setiap pasien yang akan berobat di rumah sakit harus terlebih dahulu mendaftar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan prosedur penerimaan asuransi kesehatan pasien rawat jalan guna meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Hermina Arcamanik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara studi pustaka, observasi lapangan dan wawancara. Dari hasil observasi ditemukan beberapa masalah diantaranya (1) petugas pendaftaran bukan lulusan rekam medis (2) masalah pada jaringan internet (3) petugas rumah sakit keliru memasukan diagnose. Penulis memberikan saran dari permasalahan tersebut yaitu (1) Rumah Sakit tingkatkan kapasitas internet (2) rencanakan perencanaan terkait pelatihan terhadap petugas terkait (3) petugas harus bekerja sesuai dengan uraian tugasnya.