ANALISIS PELAYANAN INFORMASI OBAT DARI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT KEPADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ANGKATAN UDARA DR. M SALAMUN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Pelayanan informasi obat merupakan salah satu tugas pelayanan farmasi klinik yang sangat disarankan untuk dilakukan karena termasuk ke dalam standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Pemberian informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu bagi pasien. Dalam penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara penyebaran kuesioner kepada pasien rawat jalan di Rumah Sakit AU dr. M. Salamun. Hasil dari penelitian ini menunjukan persepsi pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di RS dr. M. Salamun yaitu cukup baik. Namun, aspek yang memiliki penilaian kurang baik yaitu mengenai kelengkapan obat di RS dr. M Salamun. Hal ini menjadi permasalahan bahwa obat yang tersedia di instalasi farmasi RSAU dr. M. Salamun tidak lengkap. Upaya untuk mengatasinya yaitu dengan melengkapi obat meskipun jenisnya generik, mengusahakan melengkapi obat yang sebelumnya belum tersedia, serta Rumah Sakit melakukan kerja sama dengan apotek sekitar untuk menyediakan obat yang tidak tersedia di RS AU dr. M. Salamun.