UJI HEDONIK MASKER PEEL OFF YANG BEREDAR DI KOTA BANDUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tingkat kesukaan atau penerimaan suatu produk oleh konsumen dapat dilakukan melalui tes hedonik atau uji kesukaan yang dapat digunakan sebagai alatukur sebagai acuan produsen sebelum produknya dipasarkan pada area pasar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana seorang peneliti melakukan uji hedonik terhadap produk yang telah beredar di pasaran dimana panelis sebelumnya tidak diinformasikan tentang merek produk tersebut dan ditempatkan dalam kemasan yang sama untuk menghindari bias dan kesan yang sudah melekat pada merk tertentu, sampel yang diuji berasal dari 6 merk masker peel off dari daerah area pemasaran kota Bandung. Metode deskriptif dilakukan pada penelitian ini dimana dilakukan secara observatif menggunakan kuesioner sebagai alat uji dengan cara pengisian pada kuesioner tersebut oleh panelis dengan memberikan respon terhadap sampel dengan pemberiaan respon sensorik dengan memberikan penilaian dengan rentang skor dalam rentang antara 1 sampai dengan 5, sehingga dapat diambil kesimpulan dari enam sampel yang diuji sampel mana yang mendapat skor tertinggi dari 20 Panelis. Hasil yang diperoleh dari keenam sampel yang diperoleh dari pengujian oleh panelis menunjukkan sampel nomor 5 merupakan sampel dengan skor tertinggi dari segi tekstur, warna dan bau sebagai tiga kriteria yang diberikan kepada panelis.