STRATEGI PEMASARAN PENGEMBANGAN OBAT NON GENERIK INSTALASI FARMASI DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Seiring dengan bertambah tingginya tuntutan dan harapan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan, maka perlu adanya peningkatan pelayanan yang berkualitas oleh pihak penyedia jasa pelayanan kesehatan. Ini menunjukkan perlunya strategi rumah sakit yang mampu beradaptasi atau mengendalikan faktor tersebut yang terus berubah, baik faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemasaran obat non generik posisi Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, terhadap lingkungan internal dan eksternal dengan analisis SWOT serta mengidentifikasi strategis alternatif yang diterapkan. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif kualitatif mengunakan kuesioner. Data kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Instalasi Farmasi diperoleh dengan observasi, dan in depth interview. Hasil penelitian menunjukkan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi berada pada kuadran dua dengan strategi diversifikasi dalam usaha menerapkan strategi pengembangannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang direncanakan adalah melakukan peningkatkan anggaran IFRS, penerapan sistem manajemen satu pintu, pengembangan sumber daya manusia baik kuantitas dan kualitas, fasilitas sebagai pendukung dalam kegiatan pelayanan farmasi, serta perlunya dilakukan studi banding dengan instalasi farmasi rumah sakit lain yang lebih unggul.