UJI HEDONIK SEDIAAN LIP TINT YANG BEREDAR DI KOTA BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Febriani
Meiti Rosmiati

Abstract

 


Bagaimana penerimaan suatu produk oleh konsumen dapat dinilai, salah satunya melalui uji hedonis atau uji kesukaan yang dapat dijadikan tolak ukur bagi produsen sebelum produk tersebut dipasarkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana seorang peneliti melakukan uji hedonik terhadap produk yang beredar di pasaran dimana responden tidak diberitahu terlebih dahulu merk dari produk tersebut dan ditempatkan pada kemasan yang sama untuk menghindari adanya subjektifitas dan kesan dikaitkan dengan suatu merk tertentu, sampel yang diuji berasal dari 6 merek sediaan lip tint  yang ada di wilayah pemasaran kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dilakukan dengan cara observasional dengan menggunakan angket sebagai alat tes, pengisian angket dari responden yang memberikan jawaban terhadap sampel yang memberikan respon sensorik yang memberikan penilaian dengan serangkaian poin. antara 1 dan 5, karena bisa kesimpulan tersebut diambil dari enam sampel yang diuji, yang memperoleh skor tertinggi di antara 20 responden. Hasil yang diperoleh dari enam sampel yang diambil selama pengujian yang dilakukan oleh responden menunjukkan bahwa sampel nomor 4 merupakan sampel yang mempunyai skor dari pengamatan tekstur, warna, dan bau paling tinggi di antara sampel lain berdasarkan pengamatan responden.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##