JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers <pre><strong>JMeRS (Journal of Medical Record Student)</strong> Publisher : Politeknik Piksi Ganesha<br>Journal Abbrev : JES<br>Frequency : 3 issues per year<br>Print ISSN : - (Proses)<br>Online ISSN : - (Proses)<br>Editor in Chief : Irda Sari, S.ST., M.M<br>Managing Editor : Annisa Ulfah, S.Tr.Kes.,M.M<br>Editor Board : Ade Irma Suryani.,S.ST.,M.Kes<br> Febri Maryani, SST.,MKM<br>Web Layout Editor : Muhamad Zaenal Iksan<br>English Advisory : Neneng Yuniarty, S.S.,M.Hum<br>Citation analysis : Google Scholar<br>Journal Scope : Click here</pre> <p>&nbsp;</p> en-US adeirmasuryani20@gmail.com (Ade Irma Suryani., S.ST.,M.Kes) irdasari13@gmail.com (Irda Sari, S.ST., M.M.) Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 TINJAUAN PROMOSI KLINIK LELAKI TERHADAP ANTUSIAS MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1131 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian tracer berbasis komputerisasi terhadap ketepatan penyimpanan berkas rekam medis di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Sruweng. Dari observasi yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif di temukan beberapa masalah dalam pemberian tracer berbasis komputerisasi terhadap ketepatan penyimpanan berkas rekam medis yaitu (1) Ketidak lengkapan dalam pengisian tracer (2) ketidak tepatan penyimpanan berkas rekam medis sesuai sistem penjajaranya. Secara keseluruhan dalam penggunaan sistem berbasisi komputerisasi sudah baik dan terarah, sedikit masukan dari penulis agar lebih teliti kembali dalam proses pencatatan dan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).</p> Ai Susi Susanti, Alya Muftiani Sandi Copyright (c) 2023 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1131 Wed, 18 Oct 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PROSEDUR PENYIMPANAN ARSIP TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BIDANG SEKRETARIAT DI RUMAH SAKIT UMUM PINDAD BANDUNG https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1132 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Prosedur Penyimpanan Arsip Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Bidang Sekretariat di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung.Penelitian ini menggunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif, teknik analisis data: uji validitas, uji reabilitas, uji korelasi rank-Spearman dan uji koefisien determinasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dengan subjek penelitian adalah pegawai Sekretariat di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung sebanyak 6 orang.Hasil penelitian ini menunjukan korelasi sebesar 0,876 artinya terdapat hubungan positif dan sangat kuat antara variabel prosedur penyimpanan arsip (X) dengan efektivitas kerja pegawai (Y). Sedangkan besar pengaruh variabel prosedur penyimpanan arsip (X) terhadap efektivitas kerja pegawai (Y) sebesar 76% artinya pengaruh kuat dan sisanya 24%&nbsp; dipengaruhi oleh variabel lain. Dari penelitian ini terdapat beberapa masalah yaitu : (1) Masih banyak unit kerja yang tidak mengarsipkan surat aslinya di bidang sekretariat; (2) Ordner arsip masih banyak nomor surat yang tidak berurutan; (3) Dalam arsip surat keluar, banyak unit yang membuat surat sendiri tapi menomorkan surat keluarnya di sekretariat.Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu: (1) Sebaiknya pihak rumah sakit mengadakan sosialisasi pengarsipan surat: (2) Sebaiknya pihak rumah sakit membuat dan mensosialisasikan aturan penomoran surat: (3) Sebaiknya pihak rumah sakit membuat Standar Operasional Prosedur terkait ketentuan surat menyurat.</p> Bunga Dianawati, Muhammad Yunus Rinaldy Copyright (c) 2023 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1132 Wed, 18 Oct 2023 12:09:04 +0000 PENGARUH KUALITAS SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT TK. III 03.06.01 CIREMAI DENKESYAH 03.04.03 CIREBON https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1133 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem pendaftaran online terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit TK. III 03.06.01 Ciremai Denkesyah 03.04.03 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriftif, teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner, observasi dan kajian pustaka yang memiliki relevansi yang erat dengan permasalahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>sampling </em>jenuh dengan jumlah responden sebanyak 50 orang pasien. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas sistem pendaftaran online terhadap variabel kepuasan pasien sebesar 47,5% yang artinya ada pengaruh cukup, sedangkan sisanya 52,5% dipengaruhi oleh variabel lain atau <em>error</em>, dengan masalah yang timbul antara lain: 1) kurangnya mengetahui tata cara sistem pendaftaran online 2) web pendaftaran online tidak mencantumkan informasi dokter yang sedang izin pada jam praktek 3) pasien baru yang melakukan pendaftaran online hanya mendapatkan nomor antrian tanpa nomor rekam medis. Adapun saran yang diberikan untuk memperbaiki masalah tersebut adalah 1) sebaiknya pihak rumah sakit membuat info/sosialisasi tentang tata cara pendaftaran online melalui banner/web/media lainnya 2) sebaiknya pihak rumah sakit memperbaharui item dokter pengganti ketika dokter sedang berhalangan hadir jam praktek pada pendaftaran online 4) sebaiknya pihak rumah sakit menambahkan fitur terbaru tentang nomer rekam medis pada bagian pasien baru sehingga mempermudah pasien tanpa harus datang ke bagian pendaftaran untuk di input datanya</p> Farida Gustini, Susilawati Copyright (c) 2023 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1133 Wed, 18 Oct 2023 13:07:27 +0000 ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI PANDEMI VIRUS CORONA (COVID-19) DI DESA SANGIANG KABUPATEN BANDUNG https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1134 <p>Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa permasalahan, yaitu : 1) Tidak ada sarana cuci tangan di setiap dusun, 2) Sebagian masyarakat tidak mengikuti aturan PSBB dan <em>Social Distancing</em>, 3) Sebagian masyarakat tidak memakai masker setiap melakukan aktifitas di luar, 4) Sebagian masyarakat tidak memperhatikan etika batuk dan bersin saat berada di tempat umum. Adapun saran yang diberikan, yaitu : 1) Sebaiknya pihak Pemerintahan Desa membuat sarana cuci tangan di setiap dusun, 2) Sebaiknya pihak Pemerintahan Desa membuat himbauan mengenai pentingnya PSBB dan <em>Social Distancing</em>, 3) Sebaiknya pihak Pemerintahan Desa memberi himbauan berupa spanduk mengenai pentingnya penggunaan masker pada masa pandemi <em>Covid-19</em>, 4) Sebaiknya masyarakat lebih memperhatikan etika batuk dan bersin saat berada di tempat umum.</p> Nurul Dwi Ariani, Sani Fitriyani, Sulis Astuti Copyright (c) 2023 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1134 Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA PADA BAGIAN SEKRETARIAT DI RUMAH SAKIT UMUM PINDAD BANDUNG https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1135 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis mengenai Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar guna menunjang Efektivitas Kerja pada Bagian Sekretariat di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka. Hasil Penelitian dalam penelitian ini yaitu pada bulan Maret-April 2022 terdapat 389 surat masuk dan 215 surat keluar yang telah diolah oleh bagian sekretariat di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung. Dalam penelitian ini penelitian menemukan beberapa masalah yang terjadi dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar terhadap efektivitas kerja pada bagian sekretariat di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung seperti (1) Kurangnya peralatan dan perlengkapan yang memadai&nbsp; (2) Efektivitas kerja pegawai (3) Sumber Daya Manusia. Berdasarkan permasalahan yang terjadi di atas maka penulis mencoba memberikan beberapa saran sebagai berikut (1) Optimalisasi peralatan dan perlengkapan di bagian Sekretariat (2) Sebaiknya Surat yang ada di ruangan Sekretariat dikerjakan secara berkala agar tidak menumpuk dan pengerjaannya lebih efektif dan efisien (3) Penambahan staf/pegawai dalam mengelola arsip atau petugas yang ada sekarang sebaiknya mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan pengelolaan arsip agar pengelolaan surat masuk dan surat keluar dapat berjalan lebih optimal.</p> Sani Fitriyani, Putri Sekar Widyaningsih Copyright (c) 2023 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1135 Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS KELENGKAPAN INFORMED CONSENT RAWAT INAP TERHADAP MUTU REKAM MEDIS DI KLINIK UTAMA CAHAYA QALBU https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1243 <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kelengkapan <em>informed consent</em> rawat inap di Klinik Utama Cahaya Qalbu. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>simple random sampling</em> dengan jumlah sampel sebanyak 65 sampel berkas rekam medis <em>informed consent</em> rawat inap. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil analisis kelengkapan <em>informed consent</em> rawat inap terhadap mutu rekam medis, ditemukan 31% <em>informed consent</em> lengkap 69% tidak lengkap. Serta ditemukan 58% berkas konsisten dan 42% tidak konsisten. dengan permasalahan yang ditemukan yaitu (1) Tidak adanya SOP analisis. (2) Kurangnya ketelitian dan kesadaran petugas. (3) Kurangnya petugas rekam medis. (4) Kurangnya Sosialisasi. Penulis memberikan saran dari permasalahan tersebut yaitu (1) Segera dibuatkan SOP analisis kelengkapan (2) Menambah SDM perekam medis (3) Melakukan sosialisasi secara rutin dan terjadwal. (4) Pihak klinik dan komite medik memberikan teguran secara lisan dan sanksi kepada petugas terkait.</p> Rinda Sulis Asprila, Erix Gunawan Copyright (c) 2023 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1243 Fri, 01 Sep 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS KOMPETENSI PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN (PMIK) DI RUMAH SAKIT AMC KABUPATEN BANDUNG https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1244 <p>Rekam medis adalah bagian yang sangat penting bagi suatu fasilitas kesehatan, keberhasilan, dan kualitas layanan yang diberikan dapat diperiksa oleh tenaga kesehatan yang profesional. Untuk mencapai catatan rekam medis yang berkualitas diperlukan pendidikan yang cukup baik karena akan berdampak besar pada pada kinerja Perekam medis dan informasi kesehatan. Tujuan dari &nbsp;penelitian ini adalah untuk mempelajari tentang keterampilan medis dan informasi kesehatan. dibagian pendaftaran rumah sakit annisa medical center. Metode Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka melalui data dari rumah sakit annisa medical center. Perekam medis dan informasi kesehatan rumah sakit annisa medical center memiliki latar belakang pendididkan yang berbeda dalam kompetensi perekam medis dan informasi keehatan menyoroti hasil yang telah diperoleh yaitu 76% total perekam medis dan informasi kesehatan &nbsp;yang sudah memahami tugas dan kinerjanya masing – masing. Berdasarkan hasil penelitian perekam medis dan informasi kesehatan rumah sakit annisa medical center sudah dikatakan baik tetapi ada sedikit permasalahan yang menjadikan pelayanan cukup lama ialah kurang cermatnya petugas sehingga ditemukannya double rekam medis, pengisian identitas pasien yng kurang lengkap sebaiknya petugas perekam medis dan informasi kesehatan lebih meningkatkan lagi ketelitiannya dengan cara mengecek ulang dalam komputer dan pada saat pengmbilan rekam medis harus di cek kembali.</p> Erika Fitriyani, Sani Fitriyani Copyright (c) 2022 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1244 Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS BEBAN KERJA PETUGAS KODER INSTALASI JKN GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA DI RSUD AL-IHSAN https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1245 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis beban kerja petugas koder instalasi jkn guna menunjang efektivitas kerja di RSUD AL-Ihsan.Metode yang dilakukan adalah metode kuatitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan obervasi,wawancara,serta&nbsp; studi pustaka yang berkaitan dengan permasalahan.Dari hasil penelitian penulis di instalasi JKN RSUD AL-Ihsan dengan mengunakan metode ABK-kes dibutuhkan penambahan petugas kode sebanyak 2 orang.terdapat beberapa masalah yang ditemukan: (1)Dengan meningkatan jumlah kunjungan pasien harian, maka beban kerja petugas koder semakin meningkat.(2)Kurangnya petugas di bagian koder mengakibatkan efektivitas kerja terhambat.&nbsp;(3) Proses klaim yang berjenjang menjadi masalah bulanan karena selain klaim bulan berjalan, petugas koder harus menangani tahap-tahap berikutnya agar menghindari klaim kadaluarsa sesuai aturan, yaitu pengajuan klaim maksimal dalam 6 bulan sejak pelayanan. Masalah ini masih belum terselesaikan sepenuhnya.&nbsp; Adapun saran dari penulis:(1)Diharapkan hasil perhitungan metode ABK-Kes dalam penelitian ini berguna dalam merencanakan penambahan petugas koder di instalasi JKN RSUD AL-Ihsan.(2) Kepala instalasi JKN perlu mengajukan penambahan pegawai kepada direktur rumah sakit guna menjaga keseimbangan beban kerja, meningkatkan efektivitas kerja, dan memperlancar proses pengklaiman.(3)Perlu diadakannya evaluasi mingguan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan pemanfaatan waktu petugas koder meskipun jumlahnya terbatas.</p> Wandi Andia, Irda Sari, Matoeari Soelistijaningroem Copyright (c) 2022 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1245 Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000 ANALISA SISTEM PENYIMPANAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA FILING DI RUMAH SAKIT ANGKATAN UDARA (RSAU) dr. M. SALAMUN https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1246 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisa sistem penyimpanan terhadap efektivitas kerja filing di Rumah sakit angakatan udara DR. M. salamun. Metodologi penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan observasi lapangan, menyebar angket kepada staf filing rumah sakit, dan analisa dokumentasi terkait pengaturan penyimpanan berkas. Hasil analisa mengindikasikan bahwa ketepatan sistem penyimpanan terhadap efektivitas kerja filling didapat persentase sebasar 78,9%, dengan kategoti efektif/sukses, &nbsp;penyimpanan yang baik memiliki dampak signifikan terhadap efektivitas kerja filing di rumah sakit&nbsp; . Namun masih ditemukan beberapa kendala dalam sistem penyimpanan di rumah sakit Angkatan udara (RSAU) Dr. M.Salamun, yakni: (1) ruang penyimpanan rekam medis sedikit sulit diakses karena terlalu menumpukanya berkas di rak penyimpanan, (2). Keterlambatan pengembalian rekam medis membuat petugas lebih lama dalam penyediakan kebutuhan berkas.&nbsp; Dengan ini penulis memberikan saran kepada pihak RS, diantaranya : (1) Penyimpanan yang terorganisir dengan baik memungkinkan akses yang cepat dan mudah terhadap berkas-berkas yang diperlukan, (2) rutin mensosialisasikan mengenai batas waktu pengembalian rekam medis kepada dokter dan perawat.</p> Pina, Erix Gunawan Copyright (c) 2022 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1246 Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH KELENGKAPAN FORMULIR LEMBAR MASUK DAN KELUAR RAWAT INAP GUNA MENUNJANG MUTU REKAM MEDIS DI RSUD AL-IHSAN https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1247 <p>Pembahasan ini bertujuan untuk mengenal pengaruh kelengkapan formulir lembar masuk dan keluar rawat inap guna menunjang mutu rekam medis di RSUD Al-Ihsan. Metode yang diaplikasikan adalah metode kuantitatif pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian berdasarkan pengujian analisis data adalah hasil regresi linear sederhana yaitu N=21 dan signifikansi 5% (0,05) dengan tingkat signifikansi atau kepercayaan 95% diperoleh thitung senilai 3,217 dan ttabel senilai 2,093. Hingga diperoleh hasil bahwa thitung &gt; ttabel artinya kelengkapan formulir lembar masuk dan keluar rawat inap berpengaruh terhadap mutu rekam medis di RSUD Al-Ihsan dengan pengaruh senilai 35,3%&nbsp;&nbsp; dari variabel kelengkapan formulir lembar masuk dan keluar, maka mutu rekam medis senilai 64,7% terdorong oleh variabel lain atau error.Saran yang diberikan adalah :(1) dilakukan monitoring dan evaluasi terkait kelengkapan rekam medis dan sebaiknya di buatkan SOP kelengkapan rekam medis yang terbaru (2) memberikan pelatihan atau pemahaman tentang pengisian rekam medis yang lengkap, jelas, terbaca dan akurat kepada petugas kesehatan termasuk dokter. (3) sosialisasi mengenai pentingnya dikembalikannya rekam medis pada unit rekam medis dengan lengkap dalam waktu tepat.</p> Piyyawati Dewi, Irda Sari, Matoeari Soelistijaningroem Copyright (c) 2022 JMeRS (Journal of Medical Record Student) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jmers/article/view/1247 Thu, 01 Sep 2022 00:00:00 +0000