ANALISIS SISTEM PENOMORAN REKAM MEDIS GUNA MENUNJANG MUTU REKAM MEDIS DI KLINIK PRATAMA MIRAH MEDIKA BALEENDAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indra Ramadhan
Syaikul Wahab

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penomoran rekam medis guna menunjang mutu rekam medis di klinik pratama mirah medika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mendskripsikan atau menggambarkan suatu fenomena yang terjadi. Dalam penelitian ini, penulis mengamati sumber penelitian untuk melihat langsung gambaran atau deskripsi tentang keadaan masalahnya secara objektif, melalui data yang yang telah penulis kumpulkan selama praktek kerja lapangan, tujuan penelitian untuk menggambarkan dan mengetahui mengenai sistem penomoran rekam medis guna menunjang mutu rekam medis di Klinik Pratama Mirah Medika Baleendah. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi penulis menemukan bahwa: Berdasarkan Analisis sistem penomoran rekam medis guna menunjang mutu rekam medis di Klinik pratama mirah medika baleendah yang penulis teliti dari dokumen rekam medis pasien yang dijadikan sampel pada periode 07 Agustus s.d 06 oktober 2022 sampel yang diambil berdasarkan rumus slovin ditemukan 18 atau 1,78% duplikasi penomoran rekam medis,dan 993 atau 98,3 % tidak ter duplikasi penomoran rekam medis dari total 1011 pasien yang berkunjung di klinik pratama mirah medika baleendah.Bila dilihat dari hal tersebut dapat terlihat bahwa sistem penomoran rekam medis pasien di klinik pratama mirah medika belum menunjang mutu rekam medis. Adapun saran yang penulis sampaikan diantaranya pihak Klinik pratama mirah medika sebaiknya bisa merekrut petugas dengan latar belakang pendidikan rekam medis untuk dapat meminimalisir upaya terjadinya duplikasi penomoran rekam medis. Klinik pratama mirah medika sebaiknya menetapkan SPO (standar prosedur operasional) dan disosialisasikan kepada petugas pendaftaran agar dapat menjadi bahan acuan dalam melaksanakan sistem penomoran rekam medis pasien.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##