TINJAUAN PENDAFTARAN JKN BAYI BARU LAHIR GUNA MENUNJANG KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT HERMINA ARCAMANIK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kualitas pelayanan sangat penting dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, apalagi hal ini berhubungan dengan hidup mati seseorang. Di dalam lingkungan yang semakin penuh dengan persaingan, rumah sakit mesti semakin sadar tentang perlunya memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Menurut Sugiyono (2018:213) metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme (tepatnya fenomenologi), yang digunakan untuk meneliti pada kondisi ilmiah di mana peneliti sendiri adalah instrumennya, teknik pengumpulan data dan di analisis yang bersifat kualitatif lebih menekan pada makna. Metodologi penelitian kualitatif bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan fenomena atau obyek penelitian melalui aktivitas sosial, sikap dan persepsi orang secara individu atau kelompok.Penulis mengambil data berdasarkan jumlah kunjungan pasien yang melakukan pendaftaran bayi baru lahir dari Bulan Maret sampai Mei 2022 agar data yang dipilih up to date dan bisa menggambarkan kondisi terakhir kualitas kelengkapan rekam medis.Upaya pemecahan masalah dalam pendaftaran jkn bayi baru lahir guna meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit hermina arcamanik Menindaklanjuti permasalahan yang dialami oleh petugas pendaftaran bayi baru lahir tersebut maka upaya yang diakukan oleh pihak rumah sakit maupun petugas tersebut.