Journal of Hospital Management Services Student (JHMSS) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss <pre><strong>Journal of Hospital Management Services Student (JHMSS)</strong> Publisher : Politeknik Piksi Ganesha<br>Journal Abbrev : JHMSS<br>Frequency : 2 issues per year<br>Print ISSN : - (Proses)<br>Online ISSN : - (Proses)<br>Editor-in-chief : Sani Fitriyani., Amd., ARS., S.KM., M.MRS<br>Managing Editor : Nurul Dwi Aryani, S.Kep., Ners., M.HKes.<br>Editor Board : Bunga Dianawati., S.Tr.Keb., M.MRS<br> Ai Susi Susanti, A.Md., S.ST., M.M., MOS<br> Anggi Agustine Dewi, S.ST., M.H.Kes<br>Citation analysis : Google Scholar<br>Journal Scope : Click here</pre> en-US Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS REKAM MEDIS ELEKTRONIK RAWAT JALAN TERHADAP EFEKTIVITAS PETUGAS PMIK DI PUSKESMAS NANJUNGMEKAR https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1838 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan rekam medis elektronik (RME) terhadap efektivitas petugas perekam medis dan informasi kesehatan (PMIK) dalam pelayanan rawat jalan di puskesmas nanjungmekar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap petugas PMIK melalui observasi langsung terhadap proses pelayanan, dan kuesioner kepada petugas PMIK mengenai beberapa aspek. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi RME di puskesmas nanjungmekar telah memberikan dampak signifikan terhadap efektivitas petugas PMIK. Penggunaan RME secara positif berkontribusi pada peningkatan akurasi dan kelengkapan rekam medis, pengurangan waktu dalam proses penerimaan pasien, serta peningkatan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diterima. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam implementasi RME, termasuk keterbatasan aksesibilitas teknologi dan kebutuhan pelatihan yang berkelanjutan bagi petugas kesehatan. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan infrastruktur teknologi, meningkatkan literasi digital petugas kesehatan, serta memperkuat kerja sama antara berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan dan implementasi RME. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan di puskesmas nanjungmekar dan lembaga sejenis lainnya.</p> Imbar muhamad Patoni, Sali Setiatin Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1838 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 PROFIL C-REACTIVE PROTEIN (CRP) PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSA DEMAM TIFOID DI RSU HERMINA ARCAMANIK https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1839 <p>Demam tifoid adalah penyakit infeksi sistemik akut yang disebabkan oleh bakteri <em>Salmonella typhi</em>, yang biasanya ditemukan di saluran pencernaan. Penularan penyakit ini umumnya terjadi melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri tersebut. C-Reactive Protein (CRP) adalah tes yang digunakan untuk mengukur kadar CRP dalam darah, yang diproduksi oleh hati sebagai respons terhadap peradangan, kemudian dilepaskan ke aliran darah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil CRP pada pasien dengan diagnosis demam tifoid di RSU Hermina Arcamanik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 30 pasien yang didiagnosis positif demam tifoid dan memeriksakan CRP-nya, menggunakan data sekunder sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar CRP paling banyak terjadi pada kelompok usia 30-40 tahun sebanyak 16 orang (53%), diikuti oleh kelompok usia 41-50 tahun sebanyak 5 orang (17%). Berdasarkan jenis kelamin, 10 pasien laki-laki (33%) dan 13 pasien perempuan (43%) menunjukkan kadar CRP yang tinggi.</p> Nadia Sri Oktoria, Ramdhan Gunawan Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1839 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KELENGKAPAN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN POLI INTERNIS TERHADAP PENGKLAIMAN BPJS DI RS MUHAMMADIYAH BANDUNG https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1840 <p>Untuk alasan-alasan termasuk pelaporan rumah sakit dan kegiatan klaim BPJS Kesehatan, berkas rekam medis pasien harus akurat dan komprehensif saat menangani rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur klaim BPJS di RS Muhammadiyah Bandung dipengaruhi oleh kelengkapan berkas MR pasien poli penyakit dalam rawat jalan. Dalam karya ini, 98 sampel data MR dianalisis menggunakan teknik deskriptif yang menggunakan metodologi kuantitatif. Secara keseluruhan, berkas pasien 80% lengkap menurut survei ini, dengan 5% tidak lengkap di bagian penagihan, 7% di SEP, 5% di resume, 2% di rujukan, dan 2% di dokumen pendukung. Berdasarkan hasil uji Chi-Square terdapat hubungan antara kelengkapan pencatatan pasien dengan ketepatan waktu klaim BPJS; Oleh karena itu, peningkatan kelengkapan pencatatan pasien akan mempercepat proses klaim BPJS. Tinjauan menyeluruh terhadap catatan pasien sebelum pengajuan klaim BPJS, komunikasi yang cepat dengan DPJP atau penyedia layanan jika berkas MR tidak lengkap, dan evaluasi kinerja petugas terkait permasalahan yang menyebabkan tidak lengkapnya pengajuan klaim BPJS adalah solusi yang bisa dilakukan.</p> Rima Nur Umamah, Sali Setiatin Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1840 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 PROFIL JUMLAH PLATELET PADA ANAK YANG TERDIAGNOSIS DEMAM BERDARAH HARI KETIGA HINGGA KELIMA https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1841 <p>Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus <em>Dengue</em> melalui gigitan nyamuk <em>Aedes aegypti</em> dan <em>Aedes albopictus</em>. Demam Berdarah Dengue dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak yang lebih rentan terhadap penyakit ini. Penurunan jumlah trombosit pada pasien Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh meningkatnya penghancuran trombosit oleh sistem retikuloendotelial. Trombositopenia yang biasanya terjadi pada hari ketiga atau keempat sakit memudahkan diagnosis Demam Berdarah Dengue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola jumlah trombosit pada anak yang menderita Demam Berdarah Dengue berdasarkan hari demam. Penelitian ini merupakan studi retrospektif dengan melihat laporan kesehatan pasien anak yang dirawat dengan Demam Berdarah Dengue di RSU Hermina Arcamanik pada Maret-April 2024. Sebanyak 30 pasien anak ikut serta dalam penelitian ini. Sebagian besar penderita Demam Berdarah Dengue berdasarkan jenis kelamin adalah laki-laki (18 responden), dan berdasarkan rentang usia adalah ≤ 5 tahun (13 responden). Rata-rata jumlah trombosit pada hari keempat perjalanan penyakit adalah sekitar 85.770/mm³.</p> Wina Apriliani Rahayu, Ramdhan Gunawan Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1841 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS LINGGAR https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1842 <p>Rekam medis elektronik mengacu pada penyimpanan informasi kesehatan pasien&nbsp; dengan menggunakan system digital, memberikan alternatif modern dan efisien dalam pengelolaan data medis. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah bagaimana implementasi rekam medis elektronik (RME) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Linggar, sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu yang pertama adalah mengetahui dari proses implementasi rekam medis elektronik dan selain itu juga mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap implementasi rekam medis elektronik di Puskesmas Linggar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan yaitu dari presentase antara implementasi rekam medis elektronik terhadap kepuasan pasien di puskesmas linggar ialah sebesar 91,6%. Hasil tersebut menunjukan angka positif yang berarti bahwa implementasi rekam medis elektronik (RME) berpengaruh terhadap kepuasan pasien<strong>.</strong></p> Intan Ali Sopian, Sali Setiatin Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1842 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS SIMRS PADA INA-CBGS TERHADAP KETEPATAN TARIF KLAIM BPJS RAWAT INAP DI RSUD X https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1843 <p>BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) untuk mendukung proses klaim, khususnya rawat inap. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas SIMRS dalam mengelola tarif klaim BPJS di salah satu RSUD X sesuai aturan INA-CBGs. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam dengan enam petugas klaim. Proses klaim di RSUD meliputi verifikasi data pasien, pengkodean diagnosa dan tindakan medis menggunakan ICD-10 dan ICD-9, integrasi data pasien dengan SIMRS dan INA-CBGs, validasi kesesuaian tarif, dan finalisasi klaim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMRS efektif dalam mengurangi beban administratif dan meningkatkan efisiensi klaim. Integrasi SIMRS dengan INA-CBGs juga membantu menjaga akurasi dan kesesuaian tarif, mengurangi kebutuhan entri data manual, dan mempercepat proses klaim. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti antarmuka SIMRS yang rumit dan ketidaksesuaian tarif antara SIMRS dan INA-CBGs, yang memerlukan perbaikan manual. Kendala ini menunjukkan perlunya penyederhanaan antarmuka dan peningkatan integrasi sistem untuk memperbaiki proses klaim, sehingga dapat mendukung efisiensi operasional dan keuangan rumah sakit.</p> Ramdhan Gunawan, Hari Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1843 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 ANALISA MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN PASIEN BPJS PADA IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE JKN DI RUMAH SAKIT X KOTA BANDUNG https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1844 <p>Saat ini Teknologi informasi digitalisasi semakin cepat berkembang dan dengan adanya era digitalisasi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan meciptakan inovasi baru&nbsp; &nbsp;yang&nbsp; &nbsp;hadirnya&nbsp; &nbsp;<em>Mobile&nbsp; &nbsp;</em>Jaminan&nbsp; Kesehatan Nasional (JKN) di sektor pelayanan diharapkan dapat memudahkan dan mempercepat pendaftaran di rumah sakit X kota bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa baik Rumah Sakit X di Kota Bandung, Indonesia, dalam menyediakan layanan rawat jalan bagi pasien BPJS setelah mereka mengimplementasikan aplikasi <em>mobile </em>JKN. Kami menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif untuk penelitian kami. Hingga sembilan puluh dua orang dapat disurvei dengan menggunakan metode sampel acak sederhana. Menganalisis data menggunakan skala Likert dan distribusi frekuens. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Aplikasi <em>Mobile </em>JKN Sudah efektif dan effesien dengan Persentase keseluruhan menggunakan skala likert sebesar 81,73% nilai responden menyatakan sangat setuju bahwa adanya penerapan Aplikasi <em>Mobile&nbsp; </em>JKN&nbsp; memudahkan akses pelayanan, menghemat waktu pelayanan, mengurangi antrean pelayanan dan mempercepat waktu pelayanan pada saat melakukan pendaftaran di rumah sakit X Kota Bandung, Namun Rumah Sakit X Masih perlu meningkatkan sosialisasi terhadap masyarakat untuk menggunakan aplikasi <em>Mobile </em>JKN dengan melalui brosur, Poster, media sosial dan sesi edukasi di rumah sakit X Kota Bandung</p> Sali Setiatin, Susi Bekti Pangesti Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1844 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK RAWAT JALAN GUNA MENUNJANG MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT X https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1845 <p>Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan Alat bantu TI kesehatan yang meningkatkan kualitas layanan melalui pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, dan pengambilan data pasien. Meneliti dampak EMR terhadap Kualitas Layanan Rumah Sakit X adalah kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Sejak tanggal 4 Maret 2024, hingga 8 Mei 2024, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif untuk melakukan penelitian ini. Metode untuk mengumpulkan informasi termasuk survei, tinjauan literatur yang relevan, observasi partisipan, dan wawancara mendalam. Sembilan survei dikirimkan kepada petugas informasi kesehatan dan staf rekam medis di Rumah Sakit X untuk tujuan penelitian ini. hasil dari kuesioner dapat diperoleh dengan cara peneliti mengolah data menggunakan perangkat lunak IBBM SPSS Statistik. Dengan menggunakan ukuran sampel N=9, para peneliti melakukan uji regresi linier dasar untuk menarik kesimpulan. menghasilkan nilai t-value sebesar 1,502 (berasal dari koefisien) dan nilai t-tabel sebesar 1,350, yang mengarah pada penolakan H0 dan penerimaan H1. Selanjutnya, dikatakan bahwa kualitas layanan Rumah Sakit X dipengaruhi oleh penggunaan rekam medis elektronik. Faktor-faktor lain mempengaruhi sisanya sebesar 82,8%, sedangkan pengaruhnya sebesar 17,2%. Rekam medis elektronik berpengaruh terhadap kualitas layanan Rumah Sakit X, menurut temuan penelitian ini. Untuk meningkatkan kemahiran staf dalam menggunakan rekam medis elektronik dan mencegah penundaan layanan yang disebabkan oleh pemadaman sistem, Rumah Sakit X masih membutuhkannya.</p> Sali Setiatin, Meli Kusuma Dewi Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1845 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS ANGKA MORTALITAS PADA TAHUN 2023 SAMPAI TRIWULAN PERTAMA TAHUN 2024 BERDASARKAN INDIKATOR GROSS DEATH RATE (GDR) DAN NET DEATH RATE (NDR) DI RUMAH SAKIT X https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1846 <p>Penelitian ini bertujuan guna mengetahui angka mortalitas <em>Gross Death Rate</em> beserta <em>Net Death Rate</em>, sumber data dan kegiatan statistik pada tahun 2023 sampai triwulan pertama tahun 2024 di Rumah Sakit X. Metode penelitiannya adalah deskriptif dengan kombinasi <em>Evaluation study</em> yaitu penggabungan antara Kualitatif dan Kuantitatif. Teknik pengolahan datanya yaitu wawancara dan observasi, kualitatif dilakukan dengan pendekatan induktif, kuantitatif dengan analisis Bivariat. Populasinya adalah informan penelitian terdiri dari 5 orang petugas dan objeknya adalah Formulir Rekapitulasi Bulanan Pasien Rawat Inap. Hasil penelitian ini adalah nilai <em>Gross Death Rate</em> di tahun 2023 yakni 21,02% beserta nilai <em>Net Death Rate</em> yakni 7,15% sudah sesuai standar Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) yaitu <em>Gross Death Rate</em> &lt;45% beserta <em>Net Death Rate</em> &lt;25%. Kesimpulan penelitian ini yaitu sumber data yang diperoleh adalah hasil rekapitulasi bulanan pasien rawat inap dengan kegiatan statistik dalam pelaporan pengolahan datanya sesuai rumus yang digunakan untuk perhitungan nilai <em>Gross Death Rate</em> beserta <em>Net Death Rate</em>, datanya ditampilkan berupa tabel beserta grafik di <em>Microsoft Excel.</em></p> Iis Rostika, Sali Setiatin Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1846 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP GUNA MENUNJANG KEBERHASILAN PENGKLAIMAN (STUDI KASUS : RSUD BANDUNG KIWARI) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1847 <p>Penelitian ini difokuskan pada sebuah penelitian tentang faktor-faktor utama yang mempengaruhi keterlambatan pemrosesan klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di RSUD Bandung Kiwari. Dalam rangka meningkatkan efisiensi proses klaim, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan-alasan yang melatarbelakangi keterlambatan klaim BPJS Kesehatan bagi pasien rawat inap di RSUD Bandung Kiwari. Wawancara mendalam dengan Koordinator Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Bandung Kiwari, yang terlibat dalam bagian administrasi klaim, dilakukan sebagai bagian dari teknik penelitian kualitatif. Sejumlah variabel, termasuk dokumen yang tidak lengkap, diidentifikasi sebagai alasan utama penundaan klaim dalam temuan penelitian ini, dan kesalahan dalam proses pengkodean. Kendala-kendala ini secara signifikan menghambat kelancaran proses klaim dan mengakibatkan penundaan dalam pembayaran klaim. Implikasi dari penelitian ini mencakup perlunya perbaikan dalam sistem administrasi klaim serta peningkatan koordinasi antarunit layanan. Dengan memahami dan mengatasi faktor-faktor yang diidentifikasi, RSUD Bandung Kiwari dapat meningkatkan tingkat keberhasilan klaim BPJS Kesehatan bagi pasien rawat inap, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan tingkat kepuasan pasien secara menyeluruh, serta memberikan dasar bagi perbaikan sistem yang lebih efektif di masa depan.</p> Ratna Sari Dewi , Sali Setiatin Copyright (c) 2024 JHMSS (Journal of Hospital Management Services Students) https://journal.piksi.ac.id/index.php/jhmss/article/view/1847 Mon, 09 Dec 2024 00:00:00 +0000