Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner dan kajian pustaka yang memiliki keterkaitan dengan pokok permasalahan. Teknik analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Rank Spearman, uji koefisien determinasi. Subjek penelitian adalah pasien yang berada di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Pindad Bandung sebanyak 40 responden. Hasil penelitian ini menunjukan nilai korelasi Rank Spearman sebesar 0.756 yang artinya memiliki tingkat hubungan yang kuat antara varibel (X) kualitas pelayanan dengan variabel (Y) kepuasan pasien. Sedangkan besar pengaruh variabel (X) kualitas pelayanan terhadap variabel (Y) kepuasan pasien sebesar 57% dan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari penelitian yang dilakukan ternyata ditemukan masalah dalam kualitas pelayanan sebagai berikut: (1) Kurangnya petugas dalam menanggapi keluhan pasien, (2) Kurangnya kebersihan dan kenyamanan di ruang tunggu, (3) Kurangnya ketersediaan informasi visual. Adapun saran yang diberikan penulis untuk lebih meningkatkan Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung yaitu: (1) Kualitas pelayanan telah optimal untuk memuaskan pasien, akan lebih optimal apabila kualitas pelayanan sekarang pertahankan dan lebih ditingkatkan, (2) Dengan membuat kotak keluhan/ saran dan alat tulisnya agar pasien dapat menulis keluhan, (3) Pihak Rumah Sakit lebih sering melakukan kunjungan dan melakukan evaluasi untuk kebersihan dan kenyamanan diruang tunggu.