ANALISA MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN PASIEN BPJS PADA IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE JKN DI RUMAH SAKIT X KOTA BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sali Setiatin
Susi Bekti Pangesti

Abstract

Saat ini Teknologi informasi digitalisasi semakin cepat berkembang dan dengan adanya era digitalisasi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan meciptakan inovasi baru   yang   hadirnya   Mobile   Jaminan  Kesehatan Nasional (JKN) di sektor pelayanan diharapkan dapat memudahkan dan mempercepat pendaftaran di rumah sakit X kota bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa baik Rumah Sakit X di Kota Bandung, Indonesia, dalam menyediakan layanan rawat jalan bagi pasien BPJS setelah mereka mengimplementasikan aplikasi mobile JKN. Kami menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif untuk penelitian kami. Hingga sembilan puluh dua orang dapat disurvei dengan menggunakan metode sampel acak sederhana. Menganalisis data menggunakan skala Likert dan distribusi frekuens. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Aplikasi Mobile JKN Sudah efektif dan effesien dengan Persentase keseluruhan menggunakan skala likert sebesar 81,73% nilai responden menyatakan sangat setuju bahwa adanya penerapan Aplikasi Mobile  JKN  memudahkan akses pelayanan, menghemat waktu pelayanan, mengurangi antrean pelayanan dan mempercepat waktu pelayanan pada saat melakukan pendaftaran di rumah sakit X Kota Bandung, Namun Rumah Sakit X Masih perlu meningkatkan sosialisasi terhadap masyarakat untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN dengan melalui brosur, Poster, media sosial dan sesi edukasi di rumah sakit X Kota Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.details##