PENGARUH KUALITAS PELAYANAN REKAM MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AL IHSAN PROVINSI JAWA BARAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Al Ihsan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner, observasi dan studi pustaka. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan bulan maret berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD. Dari hasil penelitian terdapat permasalahan antara lain (1) terdapat beberapa pasien yang mengeluh akan kurangnya pelayanan yang telah diberikan seperti jaringan kurang stabil yang mengakibatkan antrian panjang, (2) adapun pasien yang datang pada waktu jam operasional pendaftaran sudah ditutup karena kuota dokter sudah penuh, (3) kurangnya sosialisasi kepada pasien terhadap pendaftaran online sehingga pasien banyak yang mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran. Adapun saran dari penulis untuk menyelesaikan permasalaan tersebut yaitu : (1) melakukan pengecekan dan upgrading sistem secara berkala oleh pihak IT rumah sakit, (2) petugas pendaftaran harus sering memberikan serta mengingatkan mengenai kuoata pelayanan dokter kepada pasien, (3) melakukan sosialisasi kepada pasien mengenai alur prosedur pendaftaran rawat jalan di RSUD Al Ihsan.