Evaluasi Pelaksanaan Vedika Terhadap Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan Di RSUD Al Ihsan Dengan Fishbone Diagram

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pasya Risdiani Fadillah
Matoeari Soelistijaningroem
Yayang Ayu Nuraeni

Abstract

Untuk mengembangkan pelayanan yang efisien dan efektif, percepatan klaim BPJS kesehatan menjadi penting. Transisi BPJS Kesehatan dari kertas ke digital sedang berlangsung. Evolusi sistem bukti klaim elektronik (Vedika) adalah salah satu contohnya. Dengan menggunakan diagram tulang ikan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Vedika terhadap efektivitas pelayanan BPJS kesehatan di RSUD Al Ihsan. Penelitian ini mengambil metode kualitatif dengan mengandalkan wawancara mendalam terhadap petugas case-mix. Hasil penelitian menunjukan, sistem Vedika yang ada saat ini belum efektif karena banyaknya hambatan klaim. Khususnya, ketidakkonsistenan resmi karena faktor man yang menyebabkan kesalahan penamaan dokumen dan pengkodean yang tidak tepat. Gangguan pada aplikasi INA CBG menyebabkan munculnya faktor machine. Serta faktor method, pembuat kode dan validator BPJS Kesehatan juga berbeda pendapat dalam menafsirkan aturan pengkodean. Solusi terhadap permasalahan ini dapat ditemukan melalui komunikasi dan koordinasi yang lebih baik antar instansi, serta melalui pengembangan pelatihan, pemantauan, dan evaluasi kepatuhan petugas, serta menutup kesenjangan persepsi antara pemberi kode rumah sakit dan verifikator BPJS kesehatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##