Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Waktu Tunggu Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pendaftaran rawat jalan di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. dengan cara observasi langsung kelapangan melakukan wawancara, studi pustaka, dan analisis data yang digunakan menggunakan metode slovin dan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pendaftaran di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat belum sesuai standar minimal pelayanan (SPM). Untuk hasil ujinya terdapat 61 (61%) pasien rawat jalan dengan waktu tunggu sesuai standar (≤60 menit) sedangkan 39 (39%) tidak sesuai standar (≥ 60 menit). Dan kepuasan pasien diketahui dari hasil kuesioner 100 responden yang diamati 83% sudah merasa puas. Dari penelitian menemukan permasalah diantaranya 1). Pasien seringkali menanyakan kembali kepada petugas agar cepat mendapatkan pelayanan medis, 2). Kurangnya komunikasi mengenai informasi tentang perkiraan waktu tunggu, 3). Keterlambatan jadwal kedatangan dokter Saran yang diberikan antara lain: 1). Perlu adanya evaluasi dan peningkatan mengenai system penjadwalan yang harus di optimalkan, 2). Memberikan penjelasan yang jelas akan mengenai waktu tunggu, 3). Memberikan edukasi waktu penundaan pemeriksaan pasien dan mengatur ulang jadwal pemeriksaan media.