Analisis Penerimaan Pasien Rawat Jalan Guna Menunjang Efektivitas Pelayanan Di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anisa Fitria
Erix Gunawan
Matoeari Soelistijaningroem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerimaan pasien rawat jalan guna menunjang efektivitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi langsung ke lapangan, melalukan wawancara, studi pustaka, yang berkaitan dengan pokok permasalahan, dan analisis data yang digunakan menggunakan metode slovin dan skala likert. Dengan penelitian yang dilakukan ada beberapa faktor yang menghambat efektivitas pelayanan, diantaranya adalah: 1) Ketidaklengkapan informasi data dalam pasien lama dari pihak pengantar pasien atau keluarga pasien, 2) Jaringan yang tidak stabil atau down saat mendaftarkan pasien, 3) Sering terjadi kesalahan dalam pengisian poli di aplikasi oleh pasien. Adapun saran yang dapat diberikan atau diharapkan dapat  menyelesaikan permasalahan yang ada, yaitu dengan cara: 1) Penulis menyarankan kepada petugas rumah sakit untuk mengedukasi pentingnya memberikan informasi yang lengkap, 2) penulis menyarankan kepada pihak rumah sakit jika masalah jaringan sering kali terjadi karena peralatan yang rusak, pertimbangkan untuk memperbaiki atau mengganti peralatan, 3) penulis menyarankan kepada pihak rumah sakit untuk menyediakan fitur yang memungkinkan pasien untuk mengedit atau mengubah data mereka setalah mengirimkan formulir pendaftaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##