Analisis Beban Kerja Pendaftaran Pasien BPJS Rawat Jalan Guna Menunjang Efektivitas Pelayanan Di Unit Kerja Front Office Di RSU Hermina Arcamanik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Rumah Sakit Hermina Arcamanik memiliki gedung yang dikhususkan bagi pasien BPJS. Pada bagian pendaftaran di gedung BPJS memiliki 13 petugas dengan jumlah kunjungan pada tahun 2022 mencapai 207.024 pasien. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan petugas pendaftaran pasien rawat jalan BPJS di RSU Hermina Arcamanik dengan menggunakan metode perhitungan ABK-Kes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas pendaftaran rawat jalan BPJS, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan sampel jenuh. Permasalahan yang ditemukan pada saat melakukan observasi, yaitu: (1) Antrian pasien rawat jalan BPJS menumpuk, (2) Kurangnya petugas pendaftaran pasien rawat jalan BPJS, (3) Fasilitas APM mengalami gangguan, (4) Sistem BPJS mengalami gangguan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan jumlah petugas BPJS dengan kebutuhan SDMK bagian pendaftaran pasien BPJS rawat jalan. Hasil perhitungan kebutuhan SDMK bagian pendaftaran pasien rawat jalan BPJS dengan metode ABK-Kes menunjukkan 16 petugas, sedangkan petugas yang tersedia pada tahun 2022 sebanyak 13 petugas.