GAMBARAN KADAR GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN WANITA LANSIA DI RUMAH SAKIT HERMINA ARCAMANIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andita Eka Putri
Agus Sudrajat

Abstract

Proses penuaan merupakan suatu siklus hidup yang ditandai dengan tahapan penurunan fungsi organ dan rentannya tubuh terhadap berbagai penyakit. Pemeriksaan glukosa darah atau gula darah merupakan salah satu faktor pendukung penting dalam kemampuan pemeriksaan laboratorium klinik untuk membantu diagnosis suatu penyakit. Glukosa darah adalah karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi yang ditangkap dalam jumlah besar ke dalam darah dan diubah di hati. Penyakit yang berhubungan dengan glukosa darah adalah Diabetes Mellitus (DM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status terkini kadar glukosa darah wanita lanjut usia di RS Hermina Arcamanik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode Cross sectional. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi. Jumlah sampel yang diambil yaitu 45 sampel dan klasifikasi variable terdiri dari: usia dan kadar glukosa darah. Alat dan bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah Safety lancet merah muda mini flow 28G/1.8 mm, BD Alcohol Swab 70%, Easy Touch Blood Glucose Stat Strip XpressTM, Stat Strip Xpress Glu-Test Strip, dan kapas. Penelitian ini mengumpulkan data sekunder dari rekam medis dan pemeriksaan laboratorium, disusun dalam bentuk tabel, dan melakukan analisis deskriptif untuk membandingkan hasil pemeriksaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 45 sampel pada pemeriksaan kadar glukosa sewaktu pada wanita lansia ternyata lebih banyak yang memiliki kadar glukosa darah sewaktu tinggi dengan jumlah 28 orang (62,22%) dan untuk sisanya memiliki kadar nilai yang normal dan rendah. sedangkan berdasarkan Karakteristik usia, menunjukkan bahwa usia di angka 61-70 tahun adalah usia yang memiliki kadar nilai gula darah yang paling tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##