PENGARUH PEMBAYARAN MENGGUNAKAN E-WALLET TERHADAP PEMBELIAN DI SHOPEE
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembayaran menggunakan e-wallet terhadap pembelian di platform e-commerce Shopee. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan e-wallet sebagai metode pembayaran telah meningkat, terutama di industri e-commerce. Data yang dikumpulkan melalui informasi tentang penggunaan e-wallet, jumlah transaksi, dan kepuasan pengguna terhadap pengalaman pembelian menggunakan e-wallet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan e-wallet memiliki pengaruh positif terhadap jumlah transaksi dan pembelian di Shopee. Konsumen cenderung lebih sering melakukan pembelian menggunakan e-wallet karena kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. Dengan demikian, temuan ini memberikan bukti bahwa penggunaan e-wallet memiliki dampak positif terhadap perilaku belanja konsumen di Shopee. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi e-wallet sebagai opsi pembayaran yang mudah diakses dan diterima oleh konsumen.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh online Customer Review And Rating, EService Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang). UMMagelang Conference Series, 685–693.
Feronica, F. (2021). ANALISIS PENGARUH SISTEM APLIKASI E-WALLET, SOSIAL MEDIA DAN DISKON TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA STARBUCKS CABANG GAMBIR. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 153-163.
Lonardi, S., Lan, W. P., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., & Supriyanto, S. (2021). Peranan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna e-commerce shopee di politeknik cendana. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3), 80–85.
Mawardani, Fitri, and Renny Dwijayanti. "Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee." Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9.3 (2021): 1455-1463.
Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155–163.
Davis, (1989). Perceived usefulness, perceived easy of use, and user technology acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information System, https://doi.org/10.2307/249008
Sidhartta, I & Boy Susanto. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36. Retrieved from http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/download/124/148
Harseno, D. F. (2021). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan E-wallet di Indonesia. Accounting and Business Information Systems Journal, 9(4).