Pelatihan Teknologi Informasi Pemasaran Bagi Pelaku UMKM Pemula Di Kecamatan Batununggal Kota Bandung

  • Tiris Sudrartono Politeknik Piksi Ganesha
  • Dian Candra Fatihah Politeknik Piksi Ganesha
  • Euis Hernawati Politeknik Piksi Ganesha
  • Yuyun Yunengsih Politeknik Piksi Ganesha
  • Irda Sari Politeknik Piksi Ganesha
  • Ika Rahman Politeknik Piksi Ganesha
  • Andini Kusdi Antini Politeknik Piksi Ganesha
  • Siti Insani Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: Training, Information Technology, Marketing, UMKM

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku UMKM, khususnya di Kecamatan Batununggal. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah melalui E-commerce. E-commerce merupakan proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. E-commerce sendiri semakin berkembang beberapa tahun belakangan ini dan secara perlahan menggantikan toko tradisional. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu deskriptif tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau pengubah pada variabel-variabel yang diteliti, melainkan menggambarkan suatu kondisi yang apa adanya. Satu-satunya perlakuan yang diberikan hanyalah pengabdian itu sendiri, yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan para UMKM khususnya di Kecamatan Batununggal menggunakan strategi pemasaran melalui E-commerce serta dilakukan kegiatan pelatihan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Published
2022-12-02