Pelatihan Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar

  • Sriyani Windarti Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Makassar
  • Dian Ekawaty Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Makassar
  • Ricky Perdana Poetra Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Makassar
  • Mangindara Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Makassar
Keywords: Balanced scorecard, Kinerja, Keuangan, Pelanggan

Abstract

Adanya tuntutan bagi rumah sakit untuk menghasilkan proses pelayanan yang baik, maka diperlukan fungsi manajemen rumah sakit yang baik terutama dalam hal evaluasi pengukuran kinerja rumah sakit. Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan telah mengarahkan penilaian kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Balanced scorecard adalah konsep yang sederhana namun kuat. Tujuan dari model ini adalah untuk memberikan manajer dan pemimpin pandangan yang komprehensif tentang bisnis dan memungkinkan mereka untuk fokus pada bidang‐bidang kritis, seperti perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Realita di lapangan menunjukkan beberapa institusi termasuk di RSIA Sitti Khadijah 1 masih menggunakan indikator LAKIP dalam mengukur kinerja, yang mana indikatornya belum mampu menggambarkan kinerja organisasi secara komprehensif. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada SDM di RSIA Sitti Khadijah 1 tentang bagaimana melakukan pengukuran dan peningkatan kinerja rumah sakit secara efektif dan efisien dengan menggunakan metode balanced scorecard.

Published
2022-12-02