Sosialisasi Alur Pelayanan Komplain dan Pembuatan Media Edukasi di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi

  • Dian Ekawaty Dian Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar
  • Adriyana Adevia Nuryadin Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Sriyani Windarti Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Nurmulia Wunaini Ngkolu Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
Keywords: Alur Pelayanan, Komplain, Media Edukasi, Rumah Sakit

Abstract

Menurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Metode yang dilaksanakan dalam Pengabdian ini adalah sosialisasi kepada pasien mengenai alur pelayanan dan media edukasi. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memudahkan pasien pada saat berobat di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi serta mengingatkan pekerja melalui poster untum menghemat penggunaan listrik di rumah sakit. Setelah sosialisasi ini dilaksanakan diharapkan pasien dapat dengan mudah memahami serta mengerti alur pelayanan saat akan mengambil obat serta pada saat melakukan komplain di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi. Selain itu diharapkan juga pada pegawai RSKD Ibu dan Anak Pertiwi dapat menerapkan media edukasi yaitu mematikan lampu dan ac pada saat tidak digunakan guna menghemat pemakaian listrik di Rumah Sakit.

Published
2022-12-02