Promosi Desa Wisata Berbasis Video

  • Oman Sukirman PGSD Kampus Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ali Enjang Yusuf PGSD Kampus Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Keywords: Tourism Village, Tourism Promotion, Promotion Video

Abstract

Salah satu faktor kunci dalam pengembangan pariwisata di suatu kawasan adalah promosi pariwisata. Dengan kecenderungan teknologi informasi dan internet yang semakin maju, maka promosi melalui video lebih menarik calon wisatawan karena informasi disampaikan secara grafis dan suara. Dengan demikian desa wisata yang relatif baru dikembangkan akan dengan mudah dikenal oleh calon wisatawan setelah melihat tayangan video promosi desa wisata. Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membuat video promosi desa wisata. Objek pembuatan video berada di Kabupaten Sumedang yaitu di Desa Pajagan Kecamatan Cisitu. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan pengambilan gambar di destinasi wisata yang ada di Desa Pajagan. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa video promosi Desa Wisata yang akan dipublikasikan di website Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Website Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Sumedang, dan Youtube Channel.

Published
2021-06-01