Pelatihan Pengembangan Literasi Digital dalam Pendidikan Bagi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

  • Summiyani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zuyun Siti Nurfina Susanti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Hairun Najwa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Hafizotul Munawwaroh Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Elsa Vanny Yuli Afiatul Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nuryana Maghfirotul Jannah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dwi Nurdiantika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Wahyu Agung Efendi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arif Rahmatullah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M. Aidil Syah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: literasi digital, pendidikan, keterampilan abad 21, berpikir kritis, kewargaan digital, integrasi teknologi

Abstract

Pengembangan literasi digital dalam pendidikan sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan abad ke-21. Literasi digital mencakup tidak hanya keterampilan teknis, seperti mengoperasikan alat digital, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, termasuk mengevaluasi informasi daring dan menerapkan etika dalam berpartisipasi di dunia digital. Seiring teknologi yang terus membentuk lingkungan belajar modern, integrasi literasi digital ke dalam kurikulum menjadi langkah mendasar untuk menciptakan peserta didik yang adaptif, cerdas, dan bertanggung jawab. Artikel ini membahas strategi integrasi literasi digital ke dalam sistem pendidikan, tantangan yang dihadapi pendidik dan lembaga, serta dampaknya terhadap keterlibatan siswa dan prestasi akademik. Penekanan diberikan pada pelatihan guru, akses teknologi yang merata, dan perancangan kurikulum yang mendorong berpikir kritis dan kesadaran media. Temuan menunjukkan bahwa program literasi digital yang efektif dapat meningkatkan kemandirian siswa, memperkuat kolaborasi, dan mendukung kebiasaan belajar sepanjang hayat. Pada akhirnya, integrasi literasi digital dalam pendidikan bukan hanya sebuah peningkatan, tetapi sebuah kebutuhan untuk partisipasi yang bermakna di era digital.

Published
2025-10-15