Implementasi Pelatihan Penggunaan Figma untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Desain UI/UX di SMKN 2 Tanjung Selor

  • Riyanto Politeknik Piksi Ganesha
  • Abd Risal Politeknik Piksi Ganesha
  • Nizam Politeknik Piksi Ganesha
  • Erwansyah Politeknik Piksi Ganesha
  • Seliwati Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: Desain UI/UX, Figma, Pendidikan Vokasional, Pelatihan, Rekayasa Perangkat Lunak

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu keterampilan yang semakin dibutuhkan di era digital adalah desain UI/UX (User Interface/User Experience). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa SMKN 2 Tanjung Selor dalam menggunakan aplikasi Figma untuk desain UI/UX. Metode yang digunakan adalah  pelatihan  dengan  pendekatan  one-group pretest-posttest, yang melibatkan siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep UI/UX, penggunaan Figma, serta istilah desain seperti wireframe, prototype, dan mockup. Sebelum pelatihan, mayoritas siswa belum mengenal Figma, namun setelah pelatihan, sebagian besar siswa memahami penggunaannya dalam desain UI/UX. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan berbasis proyek dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang desain digital.

Published
2025-06-07