Pelatihan Penggunaan Google Classroom bagi Guru SD Davao untuk Meningkatkan Pembelajaran Digital

  • Hasbi Basith Sukarno Politeknik Piksi Ganesha
  • Edi Suharto Politeknik Piksi Ganesha
  • Muhammad Prakarsa Al Qadr Saleh Politeknik Piksi Ganesha
  • Dwi Robiul Rochmawati Politeknik Pajajaran Insan Cinta Bangsa Bandung
  • Jajat Sudrajat Politeknik Piksi Ganesha
  • Candra Mecca Sufyana Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: Google Classroom, pelatihan, guru SD, pembelajaran digital, teknologi pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan mendorong penggunaan platform digital untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Google Classroom, yang memungkinkan interaksi antara guru dan siswa secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan penggunaan Google Classroom bagi guru Sekolah Dasar (SD) di Davao dalam meningkatkan pembelajaran digital. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup sesi teori, praktik langsung, dan evaluasi keterampilan guru dalam menggunakan fitur-fitur Google Classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengelola kelas digital, memberikan materi, serta menilai tugas siswa secara lebih efisien dengan jumlah peserta 48 orang tingkat pemahaman sangat paham 35.4% (17 orang), paham 47.9% (23 orang) dan cukup paham 16.7% (8 orang). Dengan demikian, pelatihan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran berbasis teknologi dan mendukung transformasi pendidikan ke arah digitalisasi.

Published
2025-06-07