Pembuatan Gim Edukasi Interaktif dengan Unity 3D di SMK Negeri 1 Cianjur
Abstract
Pelatihan Pembuatan Gim Edukasi Interaktif dengan Unity 3D adalah sebuah kegiatan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya generasi muda para siswa dan siswi SMK, melalui pengembangan keterampilan dalam pembuatan gim edukatif yang interaktif. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan literasi digital, kreativitas, dan keterampilan teknis peserta, serta memberikan solusi terhadap rendahnya minat dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi secara produktif. Dengan melibatkan mitra sasar SMK Negeri 1 Cianjur sebagai sekolah yang telah menjadi SMK Pusat Keunggulan, kegiatan ini menyelenggarakan serangkaian pelatihan intensif yang mencakup pengenalan dasar Unity 3D, pemrograman gim, desain grafis, dan prinsip-prinsip pembuatan gim edukatif. Melalui kombinasi pembelajaran teori dan praktik langsung, peserta diberikan kesempatan untuk menciptakan game edukatif yang relevan dengan kebutuhan lokal, sehingga menghasilkan dampak positif dalam meningkatkan literasi dan pengetahuan di kalangan masyarakat. Dengan demikian, program ini bertujuan untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam penggunaan teknologi untuk pendidikan dan pengembangan masyarakat secara luas.Pelatihan Pembuatan Gim Edukasi Interaktif dengan Unity 3D adalah sebuah kegiatan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya generasi muda para siswa dan siswi SMK, melalui pengembangan keterampilan dalam pembuatan gim edukatif yang interaktif. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan literasi digital, kreativitas, dan keterampilan teknis peserta, serta memberikan solusi terhadap rendahnya minat dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi secara produktif. Dengan melibatkan mitra sasar SMK Negeri 1 Cianjur sebagai sekolah yang telah menjadi SMK Pusat Keunggulan, kegiatan ini menyelenggarakan serangkaian pelatihan intensif yang mencakup pengenalan dasar Unity 3D, pemrograman gim, desain grafis, dan prinsip-prinsip pembuatan gim edukatif. Melalui kombinasi pembelajaran teori dan praktik langsung, peserta diberikan kesempatan untuk menciptakan game edukatif yang relevan dengan kebutuhan lokal, sehingga menghasilkan dampak positif dalam meningkatkan literasi dan pengetahuan di kalangan masyarakat. Dengan demikian, program ini bertujuan untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam penggunaan teknologi untuk pendidikan dan pengembangan masyarakat secara luas.

Copyright (c) 2024 Aprianti Putri Sujana, Desy Puspa Rahayu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Article”) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.