Strategi Pemasaran Digital Branding untuk UMKM Berbasis TikTok

  • Euis Bandawaty Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Gunardi Politeknik Pajajaran Insan Cinta Bangsa Bandung
  • Dewi Kartikaningsih Sekolah Tinggi Manajemen LABORA
  • Gama Ramdani Rakasiwi Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Sunaryo Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Sari Mujiani Universitas Islam As-Syafi’iyah
Keywords: Marketing Strategy, Digital Branding, MSMEs, TikTok

Abstract

Strategi pemasaran digital telah menjadi salah satu pendekatan utama untuk meningkatkan daya saing UMKM di era globalisasi. TikTok, sebagai platform media sosial yang sedang naik daun, menawarkan peluang besar bagi UMKM untuk memanfaatkan fitur kreatifnya dalam membangun branding digital. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi strategi pemasaran digital berbasis TikTok dalam pengabdian masyarakat untuk meningkatkan branding UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan partisipatif, melibatkan 15 UMKM di wilayah Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok dapat meningkatkan kesadaran merek hingga 60% melalui konten kreatif, kolaborasi dengan influencer, dan optimalisasi algoritma platform. Pembahasan lebih lanjut menggarisbawahi tantangan teknis dan strategi yang relevan untuk memaksimalkan manfaat TikTok bagi UMKM. Kesimpulan menekankan pentingnya edukasi dan pendampingan yang berkelanjutan untuk meningkatkan keberlanjutan usaha

Published
2024-12-31