Optimasi Pembiayaan Kredit UMKM dengan Strategi Peningkatan Nilai Jual Nasabah Bank BTPN Syariah

  • Muhammad Dewa Danubrata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ratih Mukti Azhar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: UMKM, Fasilitator, Optimasi Pembiayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimasi pembiayaan kredit UMKM dengan strategi peningkatan nilai jual nasabah Bank BTPN Syariah. Di era globalisasi, UMKM menjadi pilar utama perekonomian Indonesia. Permasalahan utama UMKM adalah permodalan, sehingga permintaan kredit usaha UMKM terus meningkat. Bank BTPN Syariah, sebagai Bank Syariah, menyalurkan dana ke usaha-usaha UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan nasabahnya. Optimasi dana pembiayaan UMKM penting untuk meningkatkan nilai jual dan memaksimalkan laba. Namun, pemahaman tentang optimasi dana pembiayaan masih terbatas, terutama di daerah terpencil. Oleh karena itu, BTPN Syariah menyediakan layanan fasilitator untuk membantu pelaku usaha dalam mengoptimalkan penggunaan dana pembiayaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi kasus di Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimasi dana pembiayaan kredit UMKM dengan strategi peningkatan nilai jual terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja dan keberlanjutan usaha UMKM. Program pendampingan UMKM oleh fasilitator yang terlatih dan berpengalaman menjadi kunci utama dalam keberhasilan program ini.

Published
2024-07-24