Optimalisasi Potensi UMKM di Desa Musir Lor: Strategi Pendampingan dan Peningkatan Kinerja

  • Sekar Arum Pratiwi Politeknik Piksi Ganesha
  • Hesty Prima Rini Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: UMKM, Rebranding, Pertumbuhan Ekonomi Lokal, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam ekonomi Indonesia, namun sering menghadapi tantangan manajemen dan pemasaran. Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur di Desa Musir Lor bertujuan memberdayakan UMKM melalui pelatihan manajerial dan rebranding. Metode yang digunakan meliputi survei, wawancara, sosialisasi ide bisnis, dan pelaksanaan rebranding. Hasilnya menunjukkan peningkatan penjualan dan kesadaran merek serta minat konsumen. Program ini berhasil meningkatkan kapasitas manajerial dan daya saing UMKM, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Published
2024-12-24