Menciptakan Merek dan Logo Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasabah BTPN Syariah di Kecamatan Cepu

  • diva yunieq prakusya UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Yuniningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: UMKM, BTPN Syariah, Daya Saing, Merek

Abstract

Pengembangan merek dan identitas visual produk adalah aspek penting dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era globalisasi saat ini. Fokus pada keunikan merek dan logo produk tidak hanya menciptakan identitas yang kuat untuk produk atau layanan, tetapi juga menjadi kunci untuk membangun kesetiaan konsumen, meningkatkan penjualan, dan memperluas pangsa pasar. Namun kendala yang banyak di hadapi oleh nasabah UMKM BTPN Syariah adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam hal kewirausahaan. Oleh karena itu, pihak BTPN Syariah membuat program pemberdayaan untuk nasabah-nasabah mereka yang memiliki usaha. Program pemberdayaan ini biasa disebut dengan program Bestee. Program Bestee adalah salah satu usaha BTPN Syariah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, kapasitas, dan kualitas nasabahnya secara berkelanjutan dengan memberikan wadah atau program berupa Aplikasi Bestee yang mencakup berbagai macam materi kewirausahaan untuk mengasah kemampuan nasabah dalam mengembangkan usahanya. Program Bestee ini dijalankan oleh Fasilitator Pendamping yang mana akan terjun ke lapang secara langsung untuk memberikan pemberdayaan kepada nasabah BTPN Syariah yang merupakan pelaku usaha.

Published
2024-07-24