Sosialisasi dan Identifikasi Tingkat Kepedulian Siswa SMA terhadap Bahaya Paparan Radiasi menggunakan Analisis Rasch

  • Naily Ulya Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Alvina Kusumadewi Kuncoro Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Adam Hadiana Aminudin
  • Endah Nur Syamsiah
  • Sri Aningsih
  • Saumi Zikriani Ramdhani
  • Devi Nurhanivah
  • Ayesha Bilqis
  • Muhammad Rizka Taufani
Keywords: Sosialisasi, Radiasi, Analisis Rasch

Abstract

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Fisika Universitas Kebangsaan Republik Indonesia dengan  tujuan untuk mensosialisaikan bahaya paparan radiasi kepada siswa SMA dan mengidentifikasi tingkat kepeduliannya. Partisipan dalam kegiatan ini adalah 48 siswa SMA (35 IPA dan 13 IPS) di salah satu sekolah SMA di Majalaya. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert yang berisi 10 pernyataan (5 pernyataan positif dan 5 pernyataan negatif). Analisis N-gain dilakukan untuk mengidentifikasi perubahan tingkat kepedulian bahaya paparan radiasi setelah sosialisasi dan analisis Rasch untuk mengidentifikasi potensi perubahan dan bias yang terjadi. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perubahan terhadap kepedulian siswa pada bahaya paparan radiasi, meskipun hasilnya masih Rendah (N-gain= 0.23) dan dengan catatan. Pertama karena hasil analisis Rasch menunjukkan sebanyak 17% siswa memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjawab seluruh pernyataan dengan benar. Sementara, seluruh siswa memiliki kemampuan untuk menjawab seluruh pernyataan sebanyak 50% saat pretest dan 70% saat posttes. Sehingga dapat dikatakan bahwa semua siswa memiliki kepedulian yang baik terhadap bahaya paparan radiasi setelah mengikuti sosialisasi. Kedua karena tidak ada bias dari pernytaan yang dibuat terhadap salah satu kelompok, kecuali item nomor 10 dan rekomendasinya bahwa item tersebut harus direvisi.

Published
2024-07-24