Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pelatihan Pembuatan Handout Untuk Membangun Nalar Kritis Siswa di Lingkungan Perguruan Muhammadiyah Kramatjati, Jakarta Timur
Abstract
Profil Pelajar Pancasila sebagai penerjemah dari tujuan dan visi pendidikan ke format yang lebih mudah dipahami oleh setiap elemen yang ada didalam dunia pendidikan perlu diperhatikan pada tiap bulir poin yang ada didalamnya, dimulai dari Beriman dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan tunggal, bernalar kritis dan kreatif. Keenam poin tersebut perlu diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran maupun non-pembelajaran. Salah satu poin yang disoroti adalah kecakapan “bernalar kritis” peserta didik, hal ini dianggap penting karena nalar kritis merupakan elemen yang harus dimiliki dalam menghadapi era modern guna memilah hal positif dan negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan zaman. Berkenaan dengan hal tersebut, tim dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka melakukan kegiatan Pelatihan dengan mitra yang berasal dari Perguruan Muhammadiyah Kramatjati. Pelatihan ini setidaknya diikuti oleh 20 orang guru, dengan Narasumber dari kegiatan ini yakni dosen Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA yang menguasai pelatihan pemunculan karakter bernalar kritis melaui Handout. Handout merupakan lembar ajar yang menjadi pegangan guru dalam melakukan pembelajaran dikelas. Hasil menunjukkan bahwa guru di Perguruan Muhammadiyah Kramatjati, telah memuat stimulus yang memicu munculnya karakter bernalar kritis dalam handout yang dipersiapkan telah mencangkup asas apersepsi dan reflektif
Copyright (c) 2024 Supriansyah, Ahmad Ruslan, Purnama Syae Purrohman, Wardah Samiah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Article”) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.