Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pelatihan Pembuatan Handout Untuk Membangun Nalar Kritis Siswa di Lingkungan Perguruan Muhammadiyah Kramatjati, Jakarta Timur

  • Supriansyah Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Ahmad Ruslan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Purnama Syae Purrohman Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Wardah Samiah Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Handout, Nalar Kritis

Abstract

Profil Pelajar Pancasila sebagai penerjemah dari tujuan dan visi pendidikan ke format yang lebih mudah dipahami oleh setiap elemen yang ada didalam dunia pendidikan perlu diperhatikan pada tiap bulir poin yang ada didalamnya, dimulai dari Beriman dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan tunggal, bernalar kritis dan kreatif. Keenam poin tersebut perlu diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran maupun non-pembelajaran. Salah satu poin yang disoroti adalah kecakapan “bernalar kritis” peserta didik, hal ini dianggap penting karena nalar kritis merupakan elemen yang harus dimiliki dalam menghadapi era modern guna memilah hal positif dan negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan zaman. Berkenaan dengan hal tersebut, tim dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka melakukan kegiatan Pelatihan dengan mitra yang berasal dari Perguruan Muhammadiyah Kramatjati. Pelatihan ini setidaknya diikuti oleh 20 orang guru, dengan Narasumber dari kegiatan ini yakni dosen Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA yang menguasai pelatihan pemunculan karakter bernalar kritis melaui Handout. Handout merupakan lembar ajar yang menjadi pegangan guru dalam melakukan pembelajaran dikelas. Hasil menunjukkan bahwa guru di Perguruan Muhammadiyah Kramatjati, telah memuat stimulus yang memicu munculnya karakter bernalar kritis dalam handout yang dipersiapkan telah mencangkup asas apersepsi dan reflektif

Published
2024-07-22