Pemasaran Digital dan Web dalam Rangka Meningkatkan Kunjungan ke Desa Wisata Lamajang Pangalengan

  • Donni Juni Priansa Telkom University
  • Inez Nafrila
  • Beata
  • Sonia
  • Harsya
  • Lanang
  • Widya
  • Hasna
  • Faisa
  • Aryakumara
  • Putri
Keywords: Pemasaran Digital, Pemasaran melalui Website

Abstract

Desa Lamajang merupakan desa yang berada di kecamatan Pangalengan, Jawa Barat. Desa ini memiliki potensi pariwisata berbasis sumber daya alam, seperti arung jeram, situs sejarah, serta museum dan cagar budaya. Selain itu, desa ini juga menyediakan makanan dan kuliner khas, serta berbagai kerajinan tangan. Namun demikian, desa ini belum mampu mengembangkan diri sebagai desa wisata yang optimal jika dilihat dari aspek kemampuan pemasarannya (marketing), terutama mengemasnya sebagai desa wisata yang layak untuk wisatawan berkunjung, sehingga tingkat kunjungan ke desa wisata masih rendah. Untuk itu, perlu dilakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang digital marketing, website, serta paket wisata. Pelaksanaan kegiatan berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2023 dengan menghadirkan 30 peserta dari Desa Wisata Lamajang. Hasil pelaksanaan kegiatan menujukkan adanya apresiasi positif baik dari kepala desa, masyarakat, maupun pelaku wisata dan UMKM dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut agar Desa Wisata Lamajang mampu menjadi Desa yang berkembang

Published
2024-07-22