Peningkatan Branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pemenuhan Legalitas Standar Keamanan Pangan dan Sertifikasi Halal Produk.
Abstract
Persaingan industri yang semakin ketat menjadikan pentingnya strategi branding dalam hal marketing. Salah satu cara yang dapat dilakukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing produk yaitu memperkuat branding pada produk makanan melalui pemenuhan legalitas standar keamanan pangan dan sertifikasi halal produk. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam upaya branding produk melalui pemenuhan legalitas keamanan pangan dan sertifikasi halal produk. Metode yang digunakan adalah pemberian pelatihan dan pendampingan tentang pengelolaan keamanan pangan, dan pengurusan sertifikasi halal. Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 43 pelaku UMKM telah mengikuti pelatihan Pengelolaan Keamanan Pangan dan 100% dinyatakan lulus serta mendapat sertifikat PKP dari Dinas Kesehatan. 31 pelaku UMKM (72%) telah mengisi formulir ajuan sertifikasi halal produk dengan rincian 18 UMKM (58%) dalam status proses selesai (menunggu terbit sertifikat halal dari Kementrian Agama), 4 UMKM (13%) dalam status masih proses (menunggu kunjungan dan validasi produk dari Kementrian Agama), 6 UMKM (19%) dalam status proses terkendala (NIB bermasalah, kurang respon, bahan dasar belum sesuai), dan 3 UMKM (10%) belum/batal proses (ditunda karena belum memenuhi syarat ajuan).
Copyright (c) 2023 Etik Sulistyorini, Mohammad Zainul Maarif, Nimas Ratna Sari (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Article”) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.