Peningkatan Branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pemenuhan Legalitas Standar Keamanan Pangan dan Sertifikasi Halal Produk.

  • Etik Sulistyorini Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono
  • Mohammad Zainul Maarif Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono
  • Nimas Ratna Sari Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono
Keywords: Food_savety; Halal; Branding; MSMEs

Abstract

Persaingan industri yang semakin ketat menjadikan pentingnya strategi branding dalam hal marketing. Salah satu cara yang dapat dilakukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing produk yaitu memperkuat branding pada produk makanan melalui pemenuhan legalitas standar keamanan pangan dan sertifikasi halal produk. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam upaya branding produk melalui pemenuhan legalitas keamanan pangan dan sertifikasi halal produk. Metode yang digunakan adalah pemberian pelatihan dan pendampingan tentang pengelolaan keamanan pangan, dan pengurusan sertifikasi halal. Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 43 pelaku UMKM telah mengikuti pelatihan Pengelolaan Keamanan Pangan dan 100% dinyatakan lulus serta mendapat sertifikat PKP dari Dinas Kesehatan. 31 pelaku UMKM (72%) telah mengisi formulir ajuan sertifikasi halal produk dengan rincian 18 UMKM (58%) dalam status proses selesai (menunggu terbit sertifikat halal dari Kementrian Agama), 4 UMKM (13%) dalam status masih proses (menunggu kunjungan dan validasi produk dari Kementrian Agama), 6 UMKM (19%) dalam status proses terkendala (NIB bermasalah, kurang respon, bahan dasar belum sesuai), dan 3 UMKM (10%) belum/batal proses (ditunda karena belum memenuhi syarat ajuan).

Published
2023-12-27