Pembinaan Teknis (Bintek) E-Government Untuk Peningkatan Layanan Pemerintah di Kecamatan Rancasari Kota Bandung
Abstract
Penerapan teknologi informasi dalam pelayanan publik menjadi hal yang semakin penting dalam era modern ini. E-Government telah menjadi salah satu pendekatan yang digunakan oleh banyak pemerintah daerah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan publik. Kecamatan Rancasari, sebagai salah satu wilayah di Kota Bandung, menyadari potensi besar yang dimiliki oleh E-Government untuk meningkatkan efektivitas pelayanan pemerintah dan merespon kebutuhan masyarakat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini membahas tentang pembinaan teknis (Bintek) E-Government yang dilakukan di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. PKM ini bertujuan untuk memahami implementasi, tantangan, dan manfaat yang dihadapi selama proses pembinaan teknis E-Government untuk meningkatkan layanan publik di kecamatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan pejabat pemerintah, staf teknis, dan warga kecamatan yang terlibat dalam proses implementasi E-Government. Selain itu, data juga diperoleh dari studi literatur tentang penerapan E-Government di wilayah lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan teknis E-Government di Kecamatan Rancasari menghadapi beberapa tantangan, termasuk keterbatasan anggaran, keterampilan teknis masyarakat, dan resistensi terhadap perubahan dari beberapa pihak. Namun, dengan adanya pelatihan dan sosialisasi yang intensif, masyarakat mulai terbiasa dan antusias mengadopsi layanan pemerintah yang berbasis teknologi. Manfaat yang dihasilkan dari pembinaan teknis E-Government ini sangat signifikan. Peningkatan efisiensi dan transparansi pelayanan publik telah terjadi, mengurangi birokrasi yang memakan waktu, serta memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan melakukan transaksi dengan pemerintah. Selain itu, E-Government juga telah membuka peluang baru dalam partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Evaluasi berupa kuesioner kepada peserta PKM mengenai tingkat kepuasan kegiatan pelatihan e-commerce, dari 40 peserta, 6 peserta menyatakan cukup puas, 26 peserta menyatakan puas, dan 8 peserta menyatakan sangat puas.
Copyright (c) 2023 Widwi Handari Adji, Muhammad Prakarsa Al Qadr Saleh, Ardi Taryanto, Ai Nunung, Edi Suharto (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants Padma (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Article”) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.