Bimbingan Teknis Komputerisasi Pelayanan Publik Bagi Para Petugas Administrasi dan Customer Service di Kelurahan Kebon Gedang Kota Bandung

  • Widwi Handari Adji Politeknik Piksi Ganesha
  • Muhammad Prakarsa Al Qadr Saleh Politeknik Piksi Ganesha
  • Kartika Legistari Politeknik Piksi Ganesha
  • Rifi Wijayanti Politeknik Piksi Ganesha
  • Ai Nunung Politeknik Piksi Ganesha
  • Astri Amanda Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: Bimbingan Teknis, Pelayanan Publik, Komputerisasi, Kelurahan Kebon Gedang

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas menjadi tuntutan masyarakat dalam era modern ini. Bimbingan Teknis Pelayanan Publik merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan panduan dan pengetahuan teknis dalam mengimplementasikan komputerisasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. PKM ini menganalisis tahapan dan manfaat yang terkait dengan bimbingan teknis pelayanan publik. Melalui tahap perencanaan, peserta bimbingan yang terdiri dari petugas administrasi dan customer service di Kelurahan Kebon Gedang Bandung akan belajar untuk menganalisis kebutuhan pelayanan publik dan merancang sistem komputerisasi yang sesuai. Tahap pelaksanaan memfokuskan pada pengembangan aplikasi yang mendukung pelayanan publik, termasuk pemrograman, pengujian, dan implementasi aplikasi tersebut. Observasi dilakukan untuk memantau dan mengevaluasi efektivitas sistem komputerisasi yang telah diterapkan, serta untuk mengidentifikasi kemungkinan perbaikan yang diperlukan. Tahap follow up melibatkan tindakan lanjutan untuk memperbaiki dan memperluas sistem komputerisasi pelayanan publik. Hasil bimbingan teknis pelayanan publik dapat memberikan manfaat yang signifikan. Dengan mengikuti tahapan yang telah ditentukan, pemerintah dan instansi publik dapat mengadopsi teknologi komputer untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan aksesibilitas pelayanan publik. Hasil dari bimbingan teknis ini dapat membawa perubahan positif dalam pelayanan publik dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Published
2023-06-04