EFEK MODERASI KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2022)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dalam kurun periode 2018-2022 kinerja saham pada sektor industri barang konsumsi mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek moderasi kebijakan dividen pada pengaruh profitabilitas terhadap harga saham di sektor industri barang konsumsi. Dari keseluruhan sampel penelitian selama 5 tahun diperoleh jumlah 95 observasi menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Moderasi (MRA) dengan menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukan kebijakan dividen memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap harga saham. Ketika perusahaan menerapkan kebijakan dividen yang tinggi, pengaruh profitabilitas terhadap harga saham dapat melemah. Temuan ini memberikan implikasi bahwa dalam membeli saham investor perlu mempertimbangkan kebijakan dividen untuk menilai prospek saham di masa depan. Karena tingginya kebijakan dividen menjadi sinyal negatif yang menandakan perusahaan hanya fokus memberikan dividen yang besar kepada investor tanpa menginvestasikan kembali pada pertumbuhan jangka panjang dan keberlanjutan bisnis.
Kata Kunci: Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Harga Saham, Return On Asset dan Dividend Payout Ratio