STRATEGI PT BANK BTPN SYARIAH TBK DALAM SOSIALISASI PROGRAM PENDAMPINGAN PADA WARGA KELURAHAN RUNGKUT DAN WONOCOLO, KOTA SURABAYA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Di era digital saat ini, perubahan terjadi di berbagai aspek, terutama pada bidang ekonomi. Untuk berkembang menjadi usaha yang sukses dan meningkatkan perekonomian, diperlukan berbagai faktor yang mendukung pengembangan usaha. Salah satu langkah penting adalah menyusun strategi untuk mensosialisasikan program pendampingan serta memberikan dukungan melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan sumber daya manusia (SDM) bagi nasabah BTPN Syariah. Salah satu tantangan yang dihadapi pelaku UMKM nasabah BTPN Syariah adalah kurangnya edukasi terkait pengetahuan dan keterampilan berwirausaha. Menanggapi hal ini, PT Bank BTPN Syariah berkomitmen membuka akses, memberikan edukasi, serta mendampingi pelaku usaha segmen ultra mikro agar lebih produktif melalui berbagai langkah yang berkelanjutan. Dalam pelaksanaan program ini, BTPN Syariah melibatkan peserta Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sebagai Area Daya Specialist. Metode pelaksanaannya meliputi pendekatan melalui sosialisasi program pendampingan, dengan tujuan memberikan pemahaman kepada nasabah UMKM mengenai manfaat program ini untuk pengembangan usaha mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM nasabah BTPN Syariah mampu mengikuti dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama proses sosialisasi hingga pendampingan, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan penjualan usaha mereka.
Kata kunci: Area Daya Specialist, MSIB, PT. Bank BTPN Syariah, Sosialisasi, UMKM.