PENGARUH CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI DANA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dini Anggraeni
Ria Marginingsih

Abstract

Pengkajian ini untuk mengemukakan dampak citra merek dan informasi elektronik dari mulut ke mulut pada penggunaan aplikasi Dana. Keputusan penggunaan adalah proses mental atau kognitif yang dilakukan pengguna saat memilih diantara berbagai pilihan yang tersedia. Dana menghadapi masalah keamanan dan layanan pelanggan yang buruk, namun mengalami peningkatan dari 35 juta ke 170 juta pengguna pada saat sebelum COVID-19 sampai saat ini. karena inovasi fitur dan pemasaran yang efektif. Pengkajian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan mendistribusikan kuesioner melalui online dan diisi oleh 145 responden pengguna aplikasi Dana. Data dianalisis menggunakan SPSS melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda. Dari hasil pengkajian menyatakan citra merek dan elektronik dari mulut ke mulut berpengaruh secara positif dan signifikan pada keputusan penggunaan. Uji validitas dan reliabilitas menyatakan citra merek dan elektronik dari mulut ke mulut berdampak posituf pada keputusan penggunaan. Pengkajian ini memberikan implikasi bagi pengelola aplikasi Dana untuk memperkuat citra merek dan memanfaatkan informasi elektronik dari mulut ke mulut untuk meningkatkan penggunaan aplikasi Dana di masa depan.


Kata kunci: Citra Merek, Electronic Word of Mouth, Keputusan Penggunaan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##