STRATEGI DIVISI YAN HC SURABAYA DALAM MENCEGAH FRAUD TAGIHAN KESEHATAN DENGAN METODE DATA SAMPLING
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pencegahan fraud tagihan kesehatan oleh divisi Yan HC Surabaya di PT. PLN (Persero) UID Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan cara mewawancarai salah satu pegawai yang menangani kasus fraud. Penelitian ini dalam memformulasikan strategi pencegahan fraud menggunakan data sampling. Data tersebut diambil dari webclaim admedika. Webclaim admedika adalah data riwayat transaksi asuransi PT. PLN (Persero). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengumpulan data sampling dapat meminimalisir tindakan penipuan pada tagihan kesehatan dan pengendalian internal berdampak terhadap pencegahan tindakan fraud. Data sampling ini dapat mengidentifikasi pola mencurigakan atau anomali dalam data transaksi atau aktivitas keuangan. Artinya semakin baik strategi pencegahan dan pengendalian internal yang diterapkan maka semakin tinggi pula tingkat pencegahan fraud pada tagihan kesehatan PT. PLN (Persero) UID Jawa Timur.
Kata kunci : Strategi Pencegahan Fraud; Metode Data Sampling; Pengendalian Internal