ANALISIS EFEKTIVITAS WHATSAPP MARKETING DAN INSTAGRAM MARKETING TERHADAP ENGAGEMENT PELANGGAN DI B21 DIGITAL PRINTING
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh B21 Digital Printing dalam meningkatkan keterlibatan (engagement) pelanggan di B21 Digital Printing. Penggunaan media sosial sudah digunakan oleh banyak pengusaha dalam era bisnis digital sebagai alat pemasaran dalam bisnisnya. Penelitian yang melakukan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang dilakukan yaitu Analisa data dan wawancara dari staff yang terlibat pada posisi marketing di B21 Digital Printing. Analisis data yang dilakukan menggunakan statistika deskriptif untuk mengukur Tingkat efektivitas masing masing platform dan juga menggunakan analisis sentiment untuk menganalisis tulisan dalam komunikasi yang dilakukan bernada negatif atau positif.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini menunjukan wawasan kedua platform yang dianalisis memiliki peran signifikan dalam menciptakan keterlibatan (Engagement) terhadap pelanggan, namun terdapat juga perbedaan dalam keterlibatan yang dihasilkan. Dari hasil analisis yang dilakukan, Whatsapp Marketing lebih efektif dalam menimbulkan sebuah interaksi personal, sedangkan Instagram Marketing lebih baik dalam membangun sebuah awareness, karena hasil visual yang dibuat menarik perhatian. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk B21 Digital Printing untuk memilih strategi pemasaran terbaik untuk dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal.
Kata Kunci : whatsapp marketing, instagram marketing, engagement pelanggan, b21 digital printing