IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PEMULIHAN PIUTANG PADA PERUMNAS KARAWANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi Implementasi Komunikasi Pemasaran dalam Upaya Pemulihan piutang baik KUM (Kekurangan Uang Muka) dan KLT (Kelebihan Luas Tanah) pada Perum Perumnas Proyek Karawang. Pada dunia bisnis saat ini penagihan piutang merupakan tantangan besar bagi beberapa industri, yang membutuhkan pendekatan komunikasi yang efektif untuk memastikan kelancaran arus kas dan stabilitas keuangan Perusahaan. Piutang usaha sendiri adalah sejumlah tagihan yang timbul karena adanya transaksi jual-beli barang atau jasa secara kredit yang kemudia akan dibayarkan oleh konsumen sesuai dengan termin waktu yang sudah disepakati oleh 2 pihak. Dampak dari adanya piutang bagi sebuah Perusahaan adalah dapat beresiko timbulnya kerugian bagi Perusahaan dan mempengaruhi profitabilitas dari sebuah Perusahaan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan penggunaan data sekunder melalui observasi secara langsung ke lapangan, wawancara collection staff dan dokumentasi, hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang jelas, responsif, agresif dan personal memiliki pengaruh terhadap Tingkat pemulihan piutang. Hasil penelitian ini memberikan informasi kepada Perum Perumnas dan Perusahaan lainnya dalam industri yang sama tentang cara terbaik untuk mengoptimalkan metode komunikasi mereka untuk meningkatkan efisiensi penagihan piutang.
Kata kunci : strategi komunikasi pemasaran_penagihan piutang_tingkat pemulihan piutang